Pelayanan Kesehatan Balita Stunting di Janegara Brebes

 


Brebes (ranahpeaisir.com)
– Sertu Sugiyanto, Babinsa Janegara Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, aktif mendampingi tenaga kesehatan (nakes) Desa Janegara Kecamatan Jatibarang dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Tampak dirinya memotivasi ibu dan balita saat pelayanan kesehatan di Posyandu Kartini Desa Janegara RT. 09 RW. 03, mulai dari pengukuran tinggi, penimbangan berat badan, pengukuran lingkar kepala dan lengan, pemberian vitamin A, imunisasi untuk kekebalan tubuh, serta pemberian makanan tambahan. Rabu (21/6/2023).


Disampaikan Pjs. Danramil Jatibarang Letda Infanteri Sunardi, bahwa pendampingan babinsa dilakukan untuk mendukung program percepatan penurunan angka stunting yang melibatkan segenap unsur.


“Selain untuk mempercepat penurunan angka stunting nasional di tahun 2024 mendatang menjadi 14 persen, kolaborasi lintas sektoral ini juga untuk memacu tumbuh kembang balita beresiko stunting, balita sehat, dan program keluarga berencana bagi wanita subur,” terangnya.


Lebih lanjut Sunardi mengatakan, para ibu juga dimotivasi agar terus memberikan asupan gizi yang dianjurkan demi mengejar ketertinggalan pertumbuhan balita mereka sehingga di usia diatas 5 tahun nanti bisa sejajar dengan anak-anak sesuainya.


Dengan edukasi dan motivasi yang berkesinambungan itu Sunardi berharap agar di salah satu desa binaannya itu kedepan terciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Pasalnya, masyarakat umum masih menganggap bahwa pertumbuhan anak sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor keturunan saja, padahal juga dipengaruhi oleh nutrisi pada bayi sejak masih dalam kandungan, kemudian pola hidup sehat, dan juga faktor lingkungan.


Sementara ditambahkan Bidan Desa Janegara Hj. Agustin Amd.Keb, untuk kegiatan tambahan juga dilakukan imunisasi DPT (Difteri, Pertusis/batuk rejan, dan Tetanus) serta IPV/polio. (G)

ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.