Kepala BKN Jogja: Waspadai Calo Dalam Seleksi PPPK

 


Brebes (ranahpesisir.com) Peserta dan keluarga peserta Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jangan sampai tergiur dengan bujuk rayu calo ataupun oknum tertentu yang menjanjikan diterima sebagai PPPK. Karena diyakini di musim rekrutmen pegawai banyak calo dan oknum yang akan memainkan aksinya dengan menjanjikan peserta akan lolos ujian dan diterima sebagai PPPK.


Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional 1 Yogyakarta Paulus Dwi Laksono saat memantau seleksi PPPK Sesi 1, di aula BKN setempat, Yogyakarta, Minggu (19/11/2023).


Untuk itu, Paulus wanti-wanti kepada peserta maupun keluarganya agar tetap waspada terhadap tipu daya oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. 


Ditandaskan Paulus, seleksi ini digelar secara transparan dan akuntabel dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Hasil test bisa dilihat penayangannya dari detik ke detik nilai angka yang diraih peserta saat mengerjakan. Hal ini bisa dilihat live di kanal Youtube BKN Regional Yogyakarta.


“Semua bisa melihat langsung penayangan perolehan nilai dari detik ke detik di kanal Youtube BKN, jadi jangan percaya dengan tipu muslihat calo,” ungkap Paulus.


Paulus juga berterima kepada Pemerintah Kabupaten Brebes karena telah dipercaya sebagai penyelenggara seleksi PPPK formasi tahun 2023. Persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin, dan terimakasih juga atas dukungan personil Pemkab Brebes yang terlibat dalam prosesi seleksi sebelum pelaksanaan hingga peserta masuk ke ruang CAT. 


“Puji Tuhan semua berjalan lancar dan merasakan peserta nyaman dalam mengerjakan soal, jaringan internet dan listrik tercukupi dengan baik,” pungkas Paulus.


Senada, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT juga berpesan kepada seluruh peserta dan keluarga peserta supaya yakin dengan kemampuan sendiri. Karena yang menentukan lulus dan tidaknya atas jerih payah peserta sendiri. Untuk itu, gunakan waktu mengerjakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh optimis. Sekda juga memberi motivasi kepada peserta serta memimpin doa sebelum test dimulai. 



“Penyelenggaraan ini benar-benar transparan dan akuntabel, jangan tergiur dengan calo yang menjanjikan bisa masuk menjadi PPPK. Seleksi ini gratis, tidak dipungut biaya,” tandas Djoko.


Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Brebes Sumanta menjelaskan, pelaksanaan CAT, untuk sesi 1 peserta harus sudah log in sistem pukul 08.00, sebelumnya melakukan proses registrasi dan lain-lain pukul 07.00 - 07.30. Jumlah peserta dari Kabupaten Brebes sebanyak 5141, untuk di Titik Lokasi BKN regional 1 Yogyakarta sejumlah 4020 orang dan pelaksanaan di BKN Yogya 19-23 November2023.


“Hari pertama, ada 3 sesi di 2 ruang, masing-masing ruang kapasitas 150 peserta, untuk sesi pertama di Ruang 1 sesi 1 sejumlah 110 orang dari Brebes dan 40 orang dari Kemenpora. Di ruang 2 (Aula) sebanyak 150 orang dari Brebes,” pungkasnya.


Dalam tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Brebes mengusulkan formasi Aparatur Sipil Negara ASN PPPK, untuk formasi Tenaga Kesehatan sebanyak 825 orang, Tenaga Teknis 97, dan Tenaga Guru 1646 orang.


Turut mantau seleksi PPPK antara lain Inspektur Nur Aly HY, Asisten Sekda bidang Administrasi Eko Supriyanto, Kepala Baperlitbangda Apriyanto Sudarmoko, Irban Wiriyanto, Sekretaris Inspektorat Sri Atun, dan Kabid Mutasi BKPSDMD Adi Nugroho. (G) 

ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.