Brebes Jadi Persinggahan Bus KPK


Brebes (ranahpesisir.com)
Kabupaten Brebes akan menjadi tempat persinggahan roadshow bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rombongan bus akan mendarat di Kabupaten Brebes pada 27-30 Juni 2024, setelah lawatan dari Bangkalan, Bojonegoro dan Surabaya. Kegiatan yang berjalan di bawah bendera "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Tahun 2024" ini bertujuan untuk menanamkan semangat antikorupsi dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai nilai-nilai antikorupsi. 


Demikian disampaikan Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT di ruang kerjanya, Senin (20/5/2024). Kepastian kegiatan tersebut disampaikannya setelah Sekda dan Inspektur Brebes mengikuti rapat koordinasi kegiatan tersebut dengan KPK, di Gedung Merah Putih, KPK Jakarta, pada 14-15 Mei 2024 lalu. 


Di Brebes, lanjutnya, acara bertajuk "Hajar Serangan Fajar" ini akan digelar Pendopo Bupati Brebes dan Alan-alun Brebes. Kegiatan ini selain melibatkan seluruh OPD juga Masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Brebes. 


Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum akan membuka acara, selain dari Pimpinan KPK yang akan memberikan pengarahan dan sosialisasi antikorupsi. Untuk itu, Sekda mengajak seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Brebes untuk berpartisipasi demi kesuksesan kegiatan tersebut.


"Integritas adalah kewajiban kita semua, baik pejabat tingkat atas maupun bawah. Tidak ada pengecualian. Masyaakat diharapkan mampu mengimplementasikan Biasakan Yang Benar (BYB) bukan membenarkan kebiasaan yang tidak benar, sebagai salah satu pengingat kita. Oleh karena itu, kegiatan ini harus kita persiapkan dengan matang," ungkap Sekda. 


Roadshow Bus Antikorupsi KPK ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat, dari anak-anak hingga dewasa. Rangkaian acara juga akan menampilkan masyarakat dan peserta yang hadir, diharapkan mereka mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai budaya antikorupsi.


Dalam roadshow ini antara lain akan mengagendakan kegiatan Sosialisasi Antikorupsi bagi penyelenggara Negara dan ASN, Edukasi Anti korupsi bagi pelajar, Talkshow radio Hajar Serangan Fajar, Studium Generale/Kuliah Umum Antikorupsi bagi mahasiswa, Gelaran Layar Tantjap Anti Corruption Film Festival 2024 (ACFFEST) bagi masyarakat umum, Dialog Komunitas Antikorupsi, Talkshow instagram@Antikorupsi dan @KPK_RI, serta Lomba Senam Hajar Serangan Fajar. 


Program “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” adalah salah satu cara KPK dalam rangka  meningkatkan awareness dan nilai integritas bagi seluruh lapisan masyarakat. Bus Antikorupsi sebagai ikon upaya pendidikan antikorupsi di tahun 2024 akan mengunjungi 12 kota dan kabupaten di 4 Provinsi di pulau Jawa yakni Banten, Jabar, Jateng dan Jatim. Start awal akan dimulai pada 22 Mei 2024 di halaman Gedung KPK menuju ke Bangkalan, Madura. (G) 

ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.