Gedung Baru ATR/BPN Brebes Representatif



REPRESENTATIF- Gedung baru kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Brebes dengan dua lantai kini sudah rapi dan representatif untuk urusan pelayanan pertanahan dan diresmikan Kepala Kanwil ATR/BPN Jateng Dwi Purnama bersama PJ Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar dan kepala ATR/BPN Brebes Siyamto, Selasa (30/7/2024)/foto: istimewa

BREBES (ranahpesisir.com
)-Setelah mengalami kebakaran beberapa waktu lalu, kini Gedung Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Brebes yang baru lebih representatif. Gedung dengan dua lantai sudah rapi dan tertata untuk urusan pelayanan pertanahan.


Gedung diresmikan Kepala Kanwil ATR/BPN Jateng Dwi Purnama bersama Pj Bupati Brebes Iwannudin Iskandar SH MHum dan Kepala ATR/BPN Brebes Siyamto, Selasa (30/7/2024).


"Beberapa waktu lalu kita mengalami musibah kebakaran, pelayanan kita menggunakan gedung sementara dan ruangan terbatas terutama untuk masyarakat kurang nyaman, dan sekarang kita gunakan gedung baru," ucap Dwi Purnama.


Dwi mengatakan, di gedung baru loket dan tempat-tempat pengolahan data sudah bagus, tinggal nanti halaman parkir ditata, sehingga memberikan kenyamanan kepada masyarakat.


Terkait pelayanan sertifikat elektronik, kata Dwi, Jateng sudah launching oleh Menteri Pertanahan RI dua mingguan lalu, 35 daerah otomatis sudah pelayanan elektronik semua. Penting sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, maka diperlukan koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, kejaksaan serta Aparat Penegak Hukum (APH).


"Sebetulnya sertifikat elektronik itu sama, masyarakat masih diberikan tanda bukti yang modelnya satu lembar, jadi lebih simpel. Yang lama mau merubah ke sertifikat elektronik pun bisa, ini yang perlu diketahui masyarakat," terangnya.


Pj Bupati Brebes Iwannud5din Iskandar SH MHum menyampaikan, gedung BPN Brebes dibangun dengan mengutamakan aspek fungsionalitas dan kenyamanan. Dengan adanya fasilitas yang lebih baik ini, dapat meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan kepada masyarakat.


"Dengan memiliki gedung kantor yang representatif dan modern, diharapkan akan mempermudah proses administrasi dan memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efisien kepada masyarakat," tuturnya.


Iwan mengatakan, gedung baru merupakan aset yang sangat berharga, tidak hanya dari segi material, tetapi juga dari segi fungsi dan pelayanan. Gedung ini juga dapat menjadi simbol semangat baru dalam pelayanan publik di Brebes.


"Dengan adanya fasilitas yang memadai, mari kita tingkatkan kinerja dan dedikasi kita dalam memberikan pelayanan terbaik. Semoga kita dapat menciptakan birokrasi yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," pungkasnya.


Sementara itu, terkait kelengkapan gedung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk mencegah kebakaran, Kepala ATR/BPN Brebes Siyamto mengatakan, APAR akan digandakan yang ada sekarang belum cukup.


"Kita baru ada empat di bawah dan empat di atas, itu rencanannya akan kita gandakan, karena konsleting arus listrik dan APARnya tidak mampu mengantisipasi akhirnya menjadi musnah semuanya, kita upayakan semaksimal mungkin agar musibah tidak terulang lagi," pungkasnya.


ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.