i 64 Anak Dikhitan Kajari


KHiTAN MASSAL- Sebanyak 64 anak mengikuti Khitan massal di RSUD Brebes dalam rangka HariBhakti Adyaksa (HBA)/foto: istimewa

BREBES (ranahpesidir.com
)-Sebanyak 64 anak mengikuti Khitan Massal di RSUD Brebes Kamis (18/7/2024). Khitianan ini sebagai rangkaian Bhakti Sosial (Baksos) yang digelar Kejaksaan Negeri Brebes dalam rangka Hari Bhakti Adhiyaksa (HBA) ke-64. 

"Kami menggandeng pihak RSUD Brebes dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Brebes menggelar khitan massal dan bedah rumah, dengan menyasar masyarakat kurang mampu di Kabupaten Brebes," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi usai kegiatan.

Sedikitnya ada 64 anak-anak dari kalangan tidak mampu diberbagai kecamatan, mengikuti sunatan massal. Mereka di tangani 20 tenaga medis dari RSUD Brebes. 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi mengungkapkan, bahwa dalam rangka Hari Bhakti Adhiyaksa di tahun 2024, pihaknya menggelar berbagai kegiatan sosial, seperti pemberian bantuan air bersih ke lokasi bencana kekeringan di Brebes.

Termasuk bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada dua warga di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Wanasari, yang rumahnya sudah tidak layak ditempati, perlu dilakukan rehab karena kondisi rumah yang memprihatinkan dan tidak sehat.

Di momen liburan panjang sekolah anak-anak, Kejari Brebes menggelar sunatan massal dengan menggandeng Dinas Kesehatan Brebes, RSUD Brebes, dan BAZNAS Brebes.

“Sasaran kami peserta sunatan massal yakni anak-anak dari kalangan kurang mampu. Alhamdulillah peserta membludak dan peserta yang ikut berjumlah 64, sesuai dengan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64,’ jelas Yadi.

Tidak hanya sunatan massal, Yadi menjelaskan, bahwa para peserta mendapatkan peralatan sekolah dan uang saku (jajan) bagi anak-anak.

“Kami berharap anak-anak generasi penerus bangsa ini, bisa menjadi anak-anak yang sukses dalam mengejar cita-cita, bermanfaat, berguna bagi nusa dan bangsa. Serta hormat dan patuh kepada kedua orang tuanya,” harap Yadi.

Sekda Brebes Djoko Gunawan berharap betul sinergitas antara pemerintah daerah, kejaksaan, serta para Forkopimda keseluruhan bisa semakin mantap dan solid di Kabupaten Brebes. Sunatan masal ini menjadi bukti adanya kerja sama yang apik. 

Djoko juga  mengucapkan terima kasih Kejaksaan Negeri Brebes yang telah menyelenggarakan acara bersama dengan RSUD Brebes, Kepala Dinperwaskim Brebes, Bank Jateng Cabang Brebes, Dinas Kesehatan, serta Ketua Baznas yang telah mensupport mendukung kegiatan ini hingga berjalan lancar.

“Penjabat Bupati Brebes memohon maaf tidak bisa hadir dikarenakan hari ini banyak sekali kegiatan yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Brebes yang diselenggarakan di Halaman Islamic Center Brebes, sehingga Bapak PJ Bupati menugaskan saya untuk mewakili di acara ini,” terang Djoko.

Apresiasi juga kami sampaikan bertepatan dengan peringatan HBA Ke 64 kepada Kajari Brebes beserta jajaran, yang senantiasa bekerja terus dan all out untuk membantu permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Brebes seperti kemiskinan, stunting dan persoalan-persoalan lain yang ada di Brebes. 

Sunatan massal merupakan wujud komitmen antara Kejari, Pemda, RSUD dan Baznas. Demikian ditunjukkan demi membantu masyarakat, khususnya keluarga kurang mampu supaya terbantu. Djoko juga berharap kelak anak-anak menjadi anak yang sholeh berbakti pada orang tua, berguna bagi bangsa dan agama. 

Direktur RSUD Brebes Dr Rasipin melalui ketua panitia sunatan massal Aries Suparmiati menambahkan, bahwa untuk memperlancar proses khitan yang digelar. Pihak RSUD Brebes telah menyiapkan sekitar 20 tenaga medis yang ahli juru khitan.

“Tenaga yang disiapkan merupakan tenaga ahli juru khitan yang sudah senior dan berpengalaman. Alhamdulillah pelaksanaan hari ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan,” pungkasnya.

Salah satu orang tua peserta sunatan massal, Abdul Kholiq warga Kelurahan Pasarbatang Brebes, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kejaksaan yang tengah menggelar sunatan massal yang berbarengan dengan libur panjang anak-anak sekolah.(*)


ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.