Peringati HBA, Kajari Brebes Sampaikan Amanat Jaksa Agung



HBA Upacara Peringatan Hari Bhakti Adyaksa ,(HBA) digelar di halaman kantor Keejaksaan Negeri Brebes, Senin(22/7/2024)/foto: Suprapto

BREBES (ranahpesisir.com)-
Memperingati Hari Bhakti Adiyaksa ke 64 Tahun 2024 Kejaksaan Negeri Brebes menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adiyaksa (HBA) ke-64 di halaman kantor setempat, Senin (22/7/2024). Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi SH MH.

Peringatan HBA ini bertujuan untuk memperingati berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia. Adapun tahun ini HBA ke-64 Kejaksaan RI mengusung tema "Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas", ujar Kajari saat membacakan amanat Jaksa Agung RI Prof Dr ST Burhanuddin SH MH.

Tema tersebut, mencerminkan visi Pemerintah untuk Indonesia Emas 2045. Juga menekankan pentingnya Indonesia untuk maju dengan sumber daya manusia unggul, penguasaan teknologi, kesejahteraan yang merata, serta pemerintahan yang kuat. 

“Oleh karena itu, Indonesia harus mampu bermetamorfosis menjadi Indonesia maju yang memiliki kualitas manusia yang unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata, serta ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang kuat dan berwibawa. 

Jaksa Agung menegaskan, bahwa fondasi pemerintahan yang kuat dan berwibawa harus didasarkan pada penegakan hukum yang berkepastian hukum dan mampu mewujudkan keadilan substansial yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum dengan kedudukan strategis, dituntut untuk menjalankan tugas, fungsi, dan wewenangnya secara profesional dan proporsional di berbagai bidang, termasuk pidana, perdata, tata usaha negara, dan intelijen.

Selain itu, Jaksa Agung berpesan agar seluruh insan Adhyaksa selalu waspada dan tidak lengah sedikit pun terhadap upaya pelemahan institusi oleh oknum-oknum jahat. Keberhasilan Kejaksaan dalam menjawab harapan masyarakat untuk mewujudkan keadilan dan kepastian hukum, serta pemberantasan kejahatan tanpa pandang bulu, merupakan hasil dari kerja keras dan kerja cerdas bersama.

“Oleh karenanya saya mengingatkan, agar semua selalu waspada, jangan lengah sedikit pun, karena upaya pelemahan terhadap institusi yang kita cintai ini selalu digencarkan oleh oknum-oknum jahat dan pihak yang tidak nyaman dengan penegakan hukum yang kita jalankan,” tandas Burhanuddin.

Kajari menjelaskan, kalau pelaksanaan upacara menandai puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 Tahun 2024.(*)

ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.