Press Tour Diskominfo Kabupaten Tegal, 60 Jurnalis Kunjungi Kementerian Kominfo RI

 

Press Tour Sebanyak 60 Juru warta  yang bertugas meliput di wilayah Kabupaten Tegal mengunjungi kantor Kementerian komunikasi dan informasi ( Kominfo) RI,Kamis 11/7/3024)/foto: istimewa

JAKARTA (ranahpesisir.com)- 60 jurnalis di Kabupaten Tegal kunjungi Kementerian Kominfo RI di Jalan Medan Merdeka Barat No.92, RT 2/RW 3, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan press tour yang digelar oleh Diskominfo Kabupaten Tegal, Kamis (11/7/2024).

Sebelumnya, puluhan wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Kabupaten Tegal dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Tegal diberikan arahan terkait kode etik jurnalistik oleh Wakil Ketua Dewan Pers Indonesia, M. Agung di Hotel Ibis Harmoni pada Rabu (10/7/2024) malam. 

Setibanya di Kementerian Kominfo RI, rombongan diterima dan disambut oleh Sekretaris Ditjen IKP Kominfo Kementerian Kominfo RI, Mediodecci Lustarini di Ruang Rapat Kementerian Kominfo RI.

Dalam sambutannya Mediodecci Lustarini mengapresiasi inisiatif Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal dalam meningkatkan kompetensi jurnalis di wilayah tersebut.

"Kami memberikan tanggapan positif terhadap upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal dalam mengembangkan kompetensi jurnalis dengan mengadakan press tour ke Kemenkominfo RI," ujarnya.

Ia menekankan pentingnya kerja sama antara jurnalis daerah dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat, serta mengurangi diseminasi informasi yang tidak akurat.

"Kolaborasi aktif dari Pemerintah Daerah sangat bermanfaat, karena jurnalis di daerah perlu mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan mereka," tambah Mediodecci Lustarini.

Sekretaris Ditjen IKP Kominfo juga menegaskan peran Diskominfo sebagai mitra Ditjen IKP dalam menyebarkan informasi dari pusat ke daerah, serta sebaliknya.

"Pemerintah Daerah adalah mitra penting bagi Ditjen IKP. Ke depannya, kami memiliki banyak program untuk mendukung Pemerintah Daerah, termasuk Diskominfo, di seluruh Indonesia," tegas Mediodecci Lustarini.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal, Nur Hayati menyampaikan tujuan diadakan press tour selain untuk meningkatkan kualitas dalam publikasi informasi, juga untuk memberikan pengetahuan bagaimana para jurnalis bisa mendesiminasikan informasi dengan baik sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi yang layak.

"Press tour Diskominfo Kabupaten Tegal diikuti 60 jurnalis baik dari media cetak, online, televisi dan radio," ujarnya.

Nurhayati berharap dengan kunjungannya ke Kementerian Kominfo RI, para jurnalis Tegal mampu menggali ilmu serta pengetahuan terkait pelayanan informasi. Hal itu sebagai upaya jika nanti terdapat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Menurutnya UKW itu sangat penting dimiliki para jurnalis sebagai peningkatan kualitas dan professionalisme sebagai wartawan," ungkapnya.

Ketua IWO Tegal, Hartadi Setiawan sangat mendukung penyelenggaraan press tour Diskominfo Kabupaten Tegal. 

"Ini sangat bagus sekali untuk peningkatan wawasan, sehingga kami bisa memperoleh informasi-informasi yang mungkin kita di daerah sendiri minim informasi atau pengetahuan terkait ilmu publikasi dan hal lainnya," terangnya.

Hartadi berharap kegiatan press tour ini bisa dilaksanakan setiap satu tahun," harapnya.

Selain mengunjungi Kementerian Kominfo RI, para jurnalis juga diajak ke Kantor Berita Antara serta ke tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol. (Yekti/*)

ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.