Djoko Gunawan Nahkodai Kwarcab Brebes




BREBES (ranahpesisir.com)-
Ir Djoko Gunawan MT terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) XI.29 Brebes periode 2024-2029 dalam sidang pleno Musyawarah Cabang XI Kwarcab Brebes 2024, di Aula Kwarcab setempat, Rabu (31/7/2024). Djoko menggantikan Emastoni Ezam MSi setelah memimpin dua periode sebelumnya. 

Djoko bertekad akan memajukan pramuka secara bersama-sama, bergandeng tangan antara pengurus, pelatih, Pembina di segala tingkatan demi masa depan generasi milenial Kabupaten Brebes khususnya. Segala bidang yang ada di Kwarcab Brebes, digiatkan semaksimal mungkin, untuk maju Bersama-sama pula.

“Pramuka juga akan terjun langsung nyengkuyung bareng, seperti keterlibatan Pramuka dalam program pemerintah kabupaten seperti menurunkan Anak Tidak Sekolah (ATS), Angka Kesehatan Ibu, kebencanaan, bakti sosial dan lain-lain,” ungkapnya.

Kepada para Pembina di Gugus Depan, Djoko mengajak besama-sama, sengkuyung bareng melakukan kegiatan pramuka untuk bangkit maju Bersama.   

Muscab dibuka Pj Bupati Brebes Iwannudin Iskandar SH MHum yang menyarankan gerakan pramuka diberikan pelatihan tentang teknologi iformasi (TI) dan hukum. Keduanya merupakan formulasi untuk menjawab tantangan zaman saat ini, dan gerakan pramuka di Kabupaten Brebes perlu menguasainya.

"Kalau boleh saran kepada siapa pun yang terpilih, nanti ditambah dua unsur pelatihan TI dan hukum, saya mengharapkan kakak-kakak ini mampu untuk melakukan kegiatan yang sifatnya kebutuhan terkini," ucap Iwan.

Iwan mengatakan, kebutuhan TI dan hukum saling berhubungan, mengingat zaman telah berubah dan ada tahapan mencari kebenaran atas suatu posisi. Karena dalam teori hukum ada istilah hukum telah menemukan bentuknya sendiri, yang dikhawatirkan sekarang yaitu tidak legal standing tapi ditemukan melalui media sosial.

"Saya meminta kepada kakak-kakak andalan yang ada di Brebes supaya menjadi agen perubahan dalam suatu memberikan kebenaran di tengah masyarakat," tuturnya.

Iwan berharap, gerakan pramuka juga bisa menghasilkan inovasi program agar bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemkab dalam mengatasi persoalan di Brebes. Seperti kemiskinan, kesehatan dan pendidikan.

Ketua Kwarda Jawa Tengah S Budi Prayitno diwakili Gunawan Surendra menyampaikan, kondisi zaman sekarang semua serba cepat dan instan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi juga akan membawa pengaruh negatif pada kondisi anak muda di Indonesia.

"Gerakan pramuka harus hadir dan menjadi solusi atas fenomena global agar mereka terhindar dari sikap individualis, kurang rasa gotong royong, dan jauh dari nilai-nilai Pancasila," ucapnya.

kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan kepramukaan di era digital, serta dapat memilih pengurus yang kompeten dan berdedikasi untuk memajukan gerakan pramuka di Brebes.

"Semoga Kwarcab Brebes dapat melahirkan praja muda karana milenial yang mumpuni berdaya saing dan berkarakter, melalui program kepramukaan yang beradaptasi dan berinovasi dengan tantangan kepramukaan dalam membersamai generasi Z," tutupnya,

Musyawarah Cabang diikuti para pengurus Kwarcab Brebes periode 2019-2024, utusan 17 Kwartir Ranting, DKC dan DKR se Kabupaten Brebes.(*)

ranahpesisir

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.